Kamis, 16 Februari 2017

Cara Mudah Membuat Pupuk Bokashi Cair


Pupuk bokashi merupakan pupuk organik yang berbentuk cair ataupun padat. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas khusus mengenai pembuatan pupuk bokashi cair. Pupuk bokashi sendiri pertama kali dibuat dan diperkenalkan ke publik di Jepang sebagai pupuk organik. Pada saat itu Jepang sedang mengalami permasalahan berat berhubungan dengan kerusakan tanah akibat penggunaan pupuk kimia yang berlebihan.

Pembuatan bokashi menggunakan bakteri microorganisme jenis EM4.  Pada dasarnya bokashi dibuat menggunakan tehnik fermentasi dengan bantuan bakteri. Bakteri EM4  berfungsi untuk mempercepat proses pembusukan. Dengan bantuan EM4 pembuatan pupuk jauh lebih cepat antara 2 - 14 hari tergantung bahan yang dibunakan.

Alat dan Bahan Pupuk Bokashi

kotoran hewan / pupuk kandang 30 kg
gula pasir / merah 250 gram
EM4 1 liter
air 200 liter (secukupnya)
drum ukuran 250 liter (mampu menampung semua bahan)
pengaduk

Cara Mudah Membuat Pupuk Bokashi CairCara Membuat Pupuk Bokashi

Berikut cara membuat pupuk bokashi cair agar mendapat hasil yang baik perhatikan setiap langkahnya :
Buat larutan molase gula pasir atau gula merah caranya siapkan gula sebanyak 250 gram (bila menggunakan gula merah disisr halus dahulu agar mudah larut) kemudian campur dengan air bersih sebanyak 250 gram, aduk hingga merata.

Masukkan air kedalam drum yang telah dipersiapkan sebanyak 100 liter. Kemudian masukkan EM4 sebanyak 1 liter dan molase kedalam drum kemudian aduk hingga merata. 

Masukkan kotoran hewan yang telah disiapkan kedalam drum sebanyak 30 kg dan kemudian aduk hingga merata dan masukkan kembali air sisi sebanyak 100 liter kedalam drum kemudian aduk kembali. Setelah rata tutup drum dengan rapat agar proses fermentasi berjalan baik. Kotoran yang baik digunakan untuk bokashi harus dudah kering karena apabila kotoran masih baru justru akan membahanyakan tanaman.

Agar bokashi sempurna lakukan pengadukan setiap hari 1 kali. pengadukan cukup dilakukan antara 4 - 10 kali saja kemudian diamkan sebentar dan tutup kembali drum dengan rapat. Pupuk bokashi cair akan jadi setelah proses selama kurang lebih 4 - 7 hari.

Setelah 7 hari pupuk siap digunakan untuk memupuk tanaman. Apabila anda mengininkan anda juga dapat menyaring pupuk bokashi yang telah jadi sehingga akan diperoleh dua pupuk yaitu pupuk cair dan pupuk padat. Kedua pupuk sama efektifnya bila digunakan untuk memupuk tanaman.

Keuntungan Menggunakan Pupuk Bokashi

Penggunaan pupuk bokashi dapat meningkatkan kualitas tanah yang rusak akibat penggunaan pupuk kimia berlebihan. tanah yang dipupuk menggunakan pupuk kimia pada awalnya akan meningkatkan produktifitas tetapi pada jangka panjang tanah akan jadi rusak dan kehilangan hara yang merupakan nutrisi bagi tanaman. Dengan menggunakan pupuk bokashi dapat mengembalikan unsur hara dalam tanah yang hilang hal ini karana pupuk bokashi terbuat dari bahan organik yang ramah lingkungan.

Selain meningkatkan kualitas tanah penggunaan pupuk bokashi dapat meningkatkan kualitas  hasil tanaman. Hasil tanaman juga sangat sehat bagi tubuh baik jangka pendek maupun jangka panjang karena bahan bahan alami akan menjaga sel sel dalam tubuh tetap baik. 

Pupuk bokashi menggunakan bahan ramah lingkungan yang mudah didapat disekitar kita jadi menghemat biaya. Dengan biaya pupuk yang relatif lebih rendah maka petani dapat menekan biaya produksi. Biaya produksi yang rendah nantinya petani akan memperoleh keuntungan yang lebih besar bahkan dapat menjual hasil produksinya lebih murah dan tetap memperoleh untung.

Demikian tulisan tentang Cara Mudah Membuat Pupuk Bokashi Cair semoga dapat menambah pengalaman dan dapat dijadikan referensi saat membuat pupuk bokashi. Bila ada pertanyaan atau masukan langsung saja tinggalkan pesan pada kolom komentar.