Kamis, 16 Februari 2017

CARA MEMBUAT BOKASHI PUPUK HAYATI



Organikilo.co –  Cara Membuat Bokashi Pupuk Hayati : Pupuk Organik ( Hayati ) atau di Indonesia sering di sebut BOKASHI yang merupakan singkatan dari ” bahan organik kaya akan sumber hayati ” adalah solusi tepat untuk memperbaiki lahan pertanian yang semakin rusak oleh pupuk kimia, serta sebagai media tanaman di polybag atau menggunakan pot. Dengan mengetahui cara membuat Bokashi tentu akan menghemat biaya budidaya pertanian kita , selain itu akan membawa dampak jangka panjang yang baik bagi tanah pertanian .
CARA MEMBUAT BOKASHI PUPUK HAYATICara Membuat Bokashi Pupuk Hayati
Cara Murah Membuat Pupuk Bokashi Sendiri

CARA MEMBUAT BOKASHI PUPUK HAYATI

Pada kesempatan ini , Blog Cara Budidaya Organik akan berbagi pengetahuan tentang cara pembuatan pupuk hayati / BOKASHI . bagi yang telah berpengalaman silakan lewati/skip atau tinggalkan saran terbaik pada kolom komentar 🙂  , mungkin akan menambah ilmu dan wawasan mengenai pengolahan pupuk organik Bokashi untuk petani Indonesia . Bagi yang belum mengetahui cara membuat bokashi silakan simak secara rinci artikel di blog sederhana ini.

CARA MEMBUAT BOKASHI YANG BAIK

Membuat pupuk Bokashi sendiri sangat mudah dan sederhana , hal utama yang harus anda ketahui adalah bahan-bahan organik yang akan dijadikan bokashi . Seperti yang telah kita ketahui banyak limbah peternakan yang dapat di manfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk Bokashi , seperti kotoran ternak Sapi , Kambing , Ayam dll . Selain mengetahui bahan dasar pembuatan pupuk Bahan Organik Kaya Akan Sumber Hayati tentu kita harus mengetahui mikroba / mikro organisme atau dekomposer ( bahan yang mengandung bakteri pengurai ) seperti EM4 , SOT dan banyak lagi merk yang lainnya .

BAHAN-BAHAN DAN ALAT UNTUK MEMBUAT BOKASHI

Untuk memulai pembuatan pupuk organik / Bokashi sekala 100 kg , bahan-bahan dan alat yang harus kita siapkan adalah
1 – Kotoran ternak ( Sapi , Kambing , Ayam dll ) 
2 – Dedak / Bekatul 
3 – Sekam
4 – Air Kelapa 
5 – Molases ( tetes tebu ) atau gula pasir / gula merah
6 – Dekomposer ( Mikroba pengurai ) , SOT , EM4 dll
7 – Cangkul / Skop
8 – Terpal / Plastik

CARA PEMBUATAN BOKASHI

Untuk Mengetahui lebih jelas tentang metode dan langkah-langkah dalam pembuatan pupuk organik padat silakan tonton Video cara membuat bokashi di bawah in. Semoga dengan memiliki pengetahuan membuat pupuk kandang yang di fermentasi akan membawa kemakmuran untuk pertanian di Indonesia.
Nah , demikian info Cara membuat Bokashi pupuk hayati, semoga bermanfaat dan membantu, jika ada yang kurang lengkap silakan untuk berbagi pengetahuan anda melalui kolom komentar. Salam sukses pertanian Indonesia .




sumber