Jumat, 27 November 2015

Pengertian Rumen dan Fungsinya

Rumen adalah struktur sistem pencernaan seperti lambung  hewan-hewan tertentu yang ditandai sebagai ruang pra-pencernaan bagi simbiosis mikroorganisme hidup kritis untuk memulai pemecahan makanan khususnya hewan. Biasanya hewan yang memiliki anatomi perut seperti ini disebut ruminansia, dan sebagian besar adalah herbivora yang membutuhkan pasokan makanan karbohidrat dari tanaman yang sulit dicerna. Rumen juga banyak diketahui tentang berbagai organisme yang berada dalam rumen dan peran kimia dalam proses pencernaan, sebagian karena banyak hewan ruminansia, seperti sapi dan domba, adalah ternak komersial yang penting di banyak bagian dunia.
Retikulorumen” adalah istilah yang diberikan kepada organ pertama saluran pencernaan dari hewan pemamah biak. Ini biasanya sangat besar (rumen sapi mungkin lebih dari 25 galon (94,6 liter) dalam kapasitas) dan ruang berdekatan dengan retikulum adalah sekitar sepersepuluh lebih besar. Meskipun lapisan dalam keduanya berbeda, mereka memiliki fungsi tunggal – untuk menyimpan materi tanaman yang dikunyah sementara triliunan bakteri, protozoa bersel tunggal dan mikroba lainnya memecah itu, baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk inang.

rumen
Ketika rumput dan tanaman lainnya yang sebagian dikunyah dengan air liur dan ditelah ke tabung kerongkongan, kontraksi gelombang otot rumen mendorong ini lebih lanjut ke retikulorumen, dengan terus berkontraksi berirama dan dengan demikian mengocok makanan. Setelah usus penuh, biasanya hewan akan beristirahat, memuntahkan kembali, mengunyah dan menelan lagi bahan yang tertelan dalam proses yang disebut memamah biak, biasa disebut “hewan memamah biak.” Ini diulangi lebih lama dan luas, dengan beberapa ternak menghabiskan sebanyak enam jam sehari dengan terus mengunyah. Jika sudah cukup rusak, makanan diteruskan ke ruang disebut omasum, yang memompa ke perut sejati hewan, sebuah ruang kecil yang disebut abomasum tersebut.
Fungsi rumen dengan cara yang sangat analog dengan kompos sampah tukang kebun. Di dalamnya adalah wadah potongan tanaman berserat terdiri dari jumlah besar selulosa, rantai panjang molekul gula yang rusak terpisah oleh enzim yang disebut selulase, yang disekresikan oleh bakteri. Beberapa di antaranya dikonsumsi oleh bakteri, dan bakteri tambahan menggunakan gula sederhana untuk memulai fermentasi, memecah protein nabati menjadi asam lemak, seperti asam laktat amino yang diperlukan untuk produksi susu hewan inang. Beberapa nutrisi penting yang diserap oleh lapisan kapiler dari retikulorumen langsung ke dalam aliran darah.
Beberapa spesies bakteri yang terlibat, dikategorikan sebagai fibrolitik, amilolitik dan proteolitik, berdasarkan pencernaan mereka karbohidrat kompleks, masing-masing, gula sederhana dan protein. Protozoa bersel tunggal mencerna bagian ketiga, terutama dengan memakan bakteri. Jamur kurang banyak, tetapi penting untuk memecah ikatan kimia antara selulosa dan substrat non-karbohidrat tanaman. Sekitar 3 persen dari massa mikroba arkaea, jenis bakteri anaerob yang memetabolisme hidrogen dan limbah karbon dioksida dari organisme lain menjadi metana. Seiring dengan bahan tanaman akhirnya cair, banyak mikroorganisme ini juga pasti dicerna oleh inang ruminansia untuk vitamin mereka, mineral dan nutrisi lainnya.
Metabolisme rumen adalah cara yang efisien untuk mengekstrak energi gula dalam karbohidrat dari makanan selulosa. Hewan ruminansia memendam simbiosis mikroba lambung yang menghasilkan enzim yang dibutuhkan dan disediakan dengan nutrisi dan lingkungan yang diperlukan bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang biak. Respirasi mikroba anaerob dan fermentasi makanan, bagaimanapun, memiliki produk sampingan yang tidak diinginkan. Seekor sapi tunggal diperkirakan napas 74 galon (280 liter) dari gas rumah kaca metana setiap hari melalui proses yang disebut eruktasi, atau dikenal sebagai bersendawa.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar