Jumat, 27 November 2015

Manfaat Bonggol & Gedebog Pisang Untuk Pertanian


Advertisement
Bonggol dan gedebog pisang kaya akan kandungan nitrogen , sehingga limbah yang satu ini patut mendapatkan perhatian oleh petani untuk di manfaatkan sebagai bahan pupuk cair hayati. Ketersediaan bonggol pisang sangat melimpah , ini karena petani pisang pada umumnya hanya membiarkan bonggol-bonggol dan batang pisang tersebut hingga membusuk begitu saja , setelah memanen buahnya.

Batang Pisang / Gedebog & Bonggol Pisang - kredit gambar mashur59

Bagi petani di Indonesia sejak mengenal dan menggunakan pupuk kimia pada umumnya demi mengejar swasembada pangan , tetapi efek buruk yang diperoleh dari menggunakan pupuk anorganik sangatlah komplek. Dari semakin rusaknya tanah pertanian hingga bermunculan berbagai macam hama pengganggu tanaman sebab akibat dari aplikasi pupuk non Organik.

Jika pada peternakan atau budidaya belut dan cacing sudah sangat familier dengan limbah perkebunan pisang , GEDEBOG mempunyai peran penting dalam budidaya belut & cacing. Kini saatnya budidaya di pertanian secara keseluruhan mendapat manfaat dari bagian pisang yang terbuang ini. Kebutuhan akan pupuk kimia yang semakin meningkat serta mahal harganya dalam usaha pertanian  , ada Alternative yang murah dari alam.

Kandungan Kimiawi Gedebog Pisang


Berdasarkan beberapa hasil riset tentang gedebog ( batang pisang ) dan bonggol pisang telah menunjukkan bahwa ekstrak gedebog pisang diketahui mempunyai kandungan kimiawi antar lain  : Tannin , Saponin dan flavonoid . Unsur atau zat Saponin termasuk glikosida terdistribusi di hampir keseluruhan tumbuh-tumbuhan dan biasanya saponin memiliki sifat sangat iritan bagi mukosa tubuh . berdasarkan penelitian telah di ketahui juga Saponin memiliki aktivitas antiseptik juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh ternak (Anonim, 2005). Sehingga gedebog pisang juga sangat sesuai untuk di olah menjadi pakan ternak.

Pemanfaatan Gedebog Pisang Sebagai Pengganti Urea


Pemanfaatan gedebog pisang biasanya dicampur dengan tumbuhan lain merupakan alternatif pengganti pupuk urea, tanaman yang paling sesuai di jadikan campuran adalah rebung bambu. Berdasarkan penelitian dan uji coba pembuatan MOL (mikroorganisme lokal) telah di ketahui REBUNG mempunyai kandungan zat pertumbuhan yang bagus. rebung bambu memiliki kecepatan pertumbuhan 30 cm hingga 120 cm dalam 24 jam. Ini merupakan bahan pupuk organik yang sangat fantastis bukan??.

Manfaat batang pisang yang telah direbus dengan rebung bambu dan di tambah garam dapur (NaCl ) yang mempunyai fungsi untuk mengeluarkan aroma air kencing / urine telah di ketahui mengandung ammonia yang berasal dari protein. Beberapa senyawa yang terdapat pada gedebog pisang seperti: tannin , saponin dan flavanoid , tannin merupakan astringen yang sangat baik sebagai pengikat koloid atau sebagai reducer protein dan berbagai jenis zat organik lainnya , meliputi asam amino & alkaloid yang terdapat pada rebung.

Nah , dengan melimpahnya limbah perkebunan pisang ada berbagai manfaat untuk pertanian dan peternakan , bagaimana dengan anda ?? apakah mempunyai ide untuk mengolah batang pisang sebagai alternatif pupuk pertanian anda ??.

Jika  artikel ini bermanfaat bagi anda , silahkan berbagi URL http://www.organikilo.co/2014/10/manfaat-bonggol-gedebog-pisang-untuk.html